Selasa, 30 Agustus 2011

Ayo, Terjun!!

oleh Nizar Dzulqarnain Rahmatullah pada 28 Agustus 2011 jam 13:00

Awalnya laki2 itu masih sangsi banget buat terjun dari helikopter itu. Secara, itu terjun payung perdananya.
“Woiii, nyari koit lo ye?!” ujar teman2nya yang ga pengen laki2 itu terjun dengan nekat.
“Koit ato kaga, itu urusan gue, gan… Yang tau gue bakal apa2 yah gue ndiri” kata lalaki itu menutupi sangsi yang sebenarnya masih menyelimutinya.
“Oke2, sekarang kalo lo emang berani, terjun sekarang!!” kata temen2nya yang mungkin masih nganggep cowo itu ga bakalan berani terjun.

(Slow but sure, sambil narik napas)
“okee! Gue terjun!!!”

Whuuuuzzzzz……

Cowo itu terjun di ketinggian beribu2 kaki dengan bebas.. Doi panik binti bingung luar biasa gimana ngembangin parasutnya biar ga sekalian terjun ke liang lahat.
Weell, dengan tutorial yang pernah dia pelajari, itulah saat yang tepat buat nerapin yang dia dapat selama ini.

Akhirnya, dengan susah payah parasutnya pun terkembang juga. Melayang ia di udara… en finally mendarat dengan sukses. Haru, senang, panic, plong, nyampur jadi satu kaya gado2 pedes.
Pheeww…
Cowo itu pun lega. Terjun perdananya sukses, walau di awal dia berasa skeptis en parno kalo terjunnya bakalan ga sukses….



WELL, tapi yang sekarang ane pengen sampekan disini  bukan nerita narasi-deskripsi tsb. Tapi, INTI cerita yang mungkin mirip dengan perjalanan hidup kita yang sedang ato bakal kita alamin ntar. Tentunya, cerita di atas cuma analogi doang buat nyampein maksud ane..

Sangsi, di awal masa transisi yang kadang bikin frutrasi (entah itu mau puber, masuk sekolah/KULIAH, nerus masa depan) yang cukup menguras energi.
Kita dituntut untuk “terjun” ke masa yang baru, berbekal teori, pengetahuan, en penbgalaman (entah itu di sekolah, ato di hidup kita) yang kita dapati selama ini.
Skeptis awalnya, karena kita masih belum tahu “medan terjun”. Apalagi itu terjun perdana kita.
Tapi tentu kita ga bakal selamanya ada di udara terus. Ga bakal selamanya tergantung dengan yang tergantung. Kita kudu terjun. Kudu ngelanjutin kemana perjalanan hidup kita. Kudu “take a risk” en sukses buat kehidupan kita, kayak terjun payung itu.

Terjun!!!
En tentu ga asal terjun aja. Bisa matek kalo sembarangan terjun.
Cuma 2 plihan. Koit, ato selamat. Kita yang harus ngusahakannya.

Yang harus kita ingat adalah life is choice. Kita jug gak bakalan mungkin mau mati konyol dengan terjun bebas. Kepalang terjun, kita kudu selamat.
Caranya???
1st, inget2 lagi “tutorial” (pengetahuan, pengalaman) yang kita dapet. Penting banget gan biar “terjun” kita sukses. Belajar dari pengalaman. Penting juga, karena pengalaman adalah guru terbaik en ga pernah ngasi peer.
2nd, Yooo, “terjun” gan! Kalo sekedar nginget2 “tutorial” ga ada aksi ya nol besar. NATO (No Action, Talk Only) binti NADO ( No Action, Dream Only). Lo kudu “terjun”!
3rd, Yahh, kembangkan “parasut” kita (baca: pikiran, hati, bakat) buat “terjun”. Kalo “parasut” kita tetap nguncup gitu aja, insya Allah kita tetap SELAMAT juga. (baca huruf besar:  nyeSEl  LAlu MATi)
4th, Setelah “parasut” berhasil ngembang, kita harus netapin satu “tempat” (baca: tujuan hidup) buat kita ndarat. Soalnya ga lucu aja, kalo parasut udah terkembang sedemikian rupa, eh “terjunnya” ke segitiga Bermuda ato comberan hanya gara2 ga focus tujuan. So, tetapkan tujuanmu dan fokuskan gan biar terjunnya sukses!!!
At last but not least, setelah kita ngupayain yang terbaik, tugas kita selanjutnya adalah berpositif thinkin’ en berdoa pada Yang Mahakuasa untuk kesuksesan kita, biar “terjun” kita sukses.
Karena apalah arti kita, tanpa “sentuhan” Tuhan. Tetaplah bertawakkal dan serahkan semua urusan pada Tuhan (tentu dengan berupaya kaya tadi). Hidup ini sangat misteri. Penuh tanda tanya dan pertanyaan. Ga semua pertanyaan bias dijawab sama Mbah Google. Once more, biarkan Dia menjawabnya setelah kita berupaya yang terbaik.
Mudah-mudahan kita jadi “penerjun” yang sukses. Aamiien.
Ayo, terjunkan dirimu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar