Minggu, 22 Agustus 2010

"Memanfaatkan Akhlakul Mazmumah (Sifat-sifat tercela)"

copas catatan Riyan Fajri,

*sebelum mulai membaca, teman-teman harus ingat, semua ini hanya didasarkan pada logika semata, jadi bila ada kekurangan dan kesalahan, tolong saran & kritiknya.

perilaku-perilaku buruk sering sekali tertanam dalam diri kita, terkadang merubahnya atau menghilangkannya sangat susah, iya gak? ternyata, klo kita fikir2, perilaku2 ini bisa kita alih fungsikan sehingga bermanfaat (tergantung orngnya juga).

berikut beberapa penjelasan tentang pemanfaatannya :
- Rendah diri, ternyata kita bisa menggunakannya untuk "rendah diri" di hadapan Allah swt.

- tidak peduli, begitu setan membisikkan sesuatu kedalam hati kita, kita bisa gunakan sifat "tidak peduli" kita terhadap bisikan setan.


- keras kepala, bisa kita gunakan ketika ada orang yg mengajak kita ke dalam kemaksiatan, kita harus "keras kepala" untuk tidak ikut.

- berdiam diri, bisa kita lakukan ketika kita berada dalam suatu kelompok yang sedang bergibah, sifat "berdiam diri" bisa digunakan di sini.

- su'uzaan / berburuk sangka, kita bisa "berburuk sangka" terhadap amalan kita, apakah di terima atau tidak? apakah cukup atau tidak, kita berburuk sangka tentang itu.

- tidak sabar, perilaku ini kita gunakan ketika terdengar panggilan azan, kita harus tidak sabar untuk menyegerakan sholat (sholat di mesjid bagi yg laki-laki).

- dan masih banyak lagi, heeee...

semoga bermanfaat bagi teman2 semua.

TheRF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar