Minggu, 22 Agustus 2010

mendirikan tiang di atas kaki sendiri . . .

" Shalat itu tiang agama." Muslim mana yg ga pernah dgr itu , , tapi cuma berapa yg memahaminya.
" Shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar. " Muslimah mana yg gak pernah dgr , , tapi cuma berapa yg meyakininya.

.
.
.

yg diatas tu untuk menyegarkan keimanan kita aja. yukk, skrg kita dgr sebuah cerita. benar2 diangkat dari kisah nyata loo . . .

Di sman5 bengkulu,, ada sekitar 400 lebih siswa beragama Islam. dari jumlah itu, ada beberapa yang cukup giat berusaha mendirikan shalat dzuhur di awal waktu dg berjamaah di masjid Surya Ramadhan tercinta,, di masjid Surya Ramadhan yg dibangun dg pengorbanan nyawa Kak Surya Ramadhan.

naah,,, dari siswa2 yg agak rajin ini,,, ada satu siswa yang menarik perhatian saya. sebut saja Melati. ia seorang siswa laki2 kelas X sekarang. badannya cukup gemuk. ia bermata dua (yaiayalah namanya manusia???). apa yg spesial darinya? ia selalu berusaha mendirikan shalat dzuhur berjamaah di masjid SR. kenapa untuk saya hal itu spesial??? karna dia yg melakukannya. karna saya dgn sekali melihat saja, bisa tahu betapa sakitnya saat ia duduk antara dua sujud. sekujur tubuhnya bergetar menahan rasa sakit itu. setiap akan duduk antara dua sujud,,, saya mendengar ia mengambil nafas untuk menahan sakitnya duduk itu. lalu, dg dipaksa ia duduk,,, sampai imam menyuruh sujud lagi. Ya teman-teman . . . kaki anak itu bermasalah. mungkin patah, mungkin retak atau yg lainnya. yang jelas bermasalah,,, samapi2 sakitnya duduk itu membuat sekujur tubuhnya bergetar dalam shalatnya.

tapi,,, ia terus datang, datang, dan datang lagi. ia tak pernah menunjukkan muka lelah dlm mendirikan shalat berjamaah itu,,, apalagi mengeluh. ia hanya menjalaninya dg ikhlas, insyaallah.

Betapa pun sakitnya, ia selalu datang dengan kaki itu untuk mengahadap Sang Ilahi.
Selalu . . .
.
.
.

hhhmmmmm . . . sungguh sebuah contoh yang menakjubkan. beruntung kita yang ditunjukkan n mau mempelajari hal tsb . . .

nah, waktunya kembali ke diri kita.
SEBERAPA HEBAT SHALAT KITA DENGAN KAKI YANG SEHAT INI?

maaf jika ada yang tersinggung, tapi terus terang saya sangat memandang sifat kita yang melalaikan shalat sbg orang yang tak tahu diuntung, tak tahu terimakasih dan sombong. Bahkan saya mengutuk sifat malas saya sendiri ketika terkadang hal itu menyerang saya. Kenapa? karena kita telah menyia2kan kaki ini, padahal kita bisa shalat dgn nyaman. kerena kita tidak memanfaatkan kaki yang sehat ini untuk sedikit saja memberi makan ruhani kita dgn shalat tepat pada waktunya. karena kita merasa tanpa shalat pun kita akan tetap jadi orang baik. bagi saya,semua itu tak bisa diterima . . .

coba renungkan, betapa beruntungnya kita dipinjamkan kesehatan ini oleh Sang Ilahi, sementara ada teman kita yang mendambakannya namun tak kunjung diberi. Betapa beruntungnya kita bisa shalat dg bebas, namun di belahan dunia lain mereka mesti shalat diiringi desingan peluru dan ledakan ranjau. betapa beruntungnya kita bisa shalat di masjid yang ada fasilitas air wudhunya, dan relatif bersih kondisinya,, sementara di suatu tempat mereka sgt sulir merasakan segarnya berwudhu,mesti bertayamum untuk shalat dan di tempat lainnya masjid mereka dikencingi kaum kafir . . .

Dengan semua rahmat itu, apalagi selain malas dan syaitan yg menghalangi kita shalat?

ingat teman. semua nikmat ini akan ditagih penggunaannya oleh Yang Memberi.
ingat kawan, kaki ini akan menjawab sendiri ketika ia lebih sering digunakan untuk jalan ke mall, shopping, ke salon, ke rental ps, ke warnet, ke cafe daripada sekedar melangkah ke masjid untuk mendirikan shalat berjamaah.

yaaah . .
semoga dg membaca ini kitajadi semakin sadar akan kesempatan yang telah kita sia2kan.
semoga kita jadi malu kalo ga shalat sementarateman kita yang sakit aja bisa.

semoga kita merenungi semua itu, n pada waktunya ketika ditanyain ma Allah,,, kita ga bakal gmetar karna ga pernah mendirikan shalat.

Bagi yg belum shalat, kerjakanlah.
Bagi yg mengerjakan, dirikanlah.
Bagi yg sendirian, berjamaahlah.
Bagi yg bolong2, lengkapilah.
Bagi yg di rumah, ke masjidlah.
Bagi yang malas, lawanlah.
Bagi yang suka telat, tepat waktulah.

Saya yakin, kita semua mau jadi lebih baik.
Yang masih sering nonton bokep pasti mau tobat, tapi berat.
Yang masih sering "bocor" untuk cowok, pasti mau brenti tapi ketagihan.
Yang masih ga berjillbab, pasti ngidam mau benar2 menutup auratnya.
YANG PASTI KITA MAU JADI LEBIH BAIK, TAPI BINGUNG GIMANA!!!!

teman2, insyaallah jalan pertamanya adalah SHALAT, karena shalat adalah tiang agama. Shalatlah yg akan mendirikan semua cita2 Islam di diri kita. Ibarat rumah, shalatlah yang menjadi tiang penegak tempat kita meninggikan rumah. Kalo tiangnya ga kuat, gimana mau berdiri?

Ikutilah saran2 diatas tu. Dirikanlah shalat 5 waktu, dan sempurnakanlah,,, karena shalat yang baik akan mengukir pribadi yang baik. MENYEMPURNAKAN SHALAT BERARTI MENYEMPURNAKAN DIRI KITA, karena " Shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar. "

jadi,,, jangan tunggu tua dan sakit baru mau shalat!!!

kalau bukan sekarang, kapan lagi.
kalau bukan kita yang mulai, siapa lagi.

bukan untuk saya, bukan untuk siapa2. shalat yg kita dirikan hanya untuk menyelamatkan diri kita sendiri.

n ingat,,
note ini dibuat untuk menyadarkan kita supaya makin menyempurnakan shalat kita, seperti tahapan2 diatas . . . bukan untuk menghakimi siapa pun. ok?
semoga bisa jadi bahan renungan . . . .. . . . . . . .
.
.
.
.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar